Triad

Posisi dasar dan pembalikan

Enam nada pertama dari overtone series menghasilkan sebuah suara komposit yang disebut dengan Triad mayor. Dasar dari susunan ini menjadi pola dalam system triadic harmony, yaitu konstruksi dari akor-akor lebih yang disusun dengan menambahkan nada berdasarkan
superimposed thirds disebut Triad, dan akor-akor yang terdiri dari empat nada atau lebih diberi nama dengan tambahan interval yang terbesar.

Ada empat jenis dasar triad, yaitu Mayor, minor, diminished dan augmented.

Triad Mayor dan minor dikatakan sebagai triad konsona, karena disusun oleh interval terts mayor dan minor, dan kuliy murni. Sedangkan triad diminished dan augmented dikatakan triad disonan, karena disusun oleh interval kuint diminished dan augmented dan interval terts yang sama.

Triad terdiri dari Root (dasar), Third (terts) dan Fifth (kuint).
 
Triad dalam posisi dasar, jika root (tonika) dari triad tersebut sebagai bass, atau nada terendah. Triad dapat dibalik dengan menempatkan nada terendah menjadi satu oktaf lebih tinggi. Pembalikan pertama dari suatu triad (akor), jika third (nada ketiga) dari tonika sebagai bass, atau nada terendah. Pembalikan kedua suatu triad(akor), dimana fifth (nada kelima) dari tonika sebagai bass, atau nada terendah.

2 Responses
  1. Lumayan menambah referensi gitar gan


  2. sinta Says:

    thankz gan.......